Definisi Arsitektur secara Universal

Definisi Arsitektur


Arsitektur sering dikaitkan dengan pembangunan suatu rumah, tata ruang dan estetika sebuah bangunan. Tapi, tahukah kamu kalau arsitektur itu bukan hanya soal keindahan dan pembangunan saja? Arsitektur sendiri memiliki banyak pengertian lebih luas. Di sini akan saya tuliskan pengertian arsitektur secara universal yang saya dapatkan dari berbagai sumber berikut ini.

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), makna arsitektur adalah : 1 seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan, jembatan, dsb; 2 metode dan gaya rancangan suatu konstruksi bangunan.

Sedangkan menurut para ahli dunia, makna dari arsitektur adalah sebagai berikut. 

Marcus Pollio Vitruvius
Menurut Vitruvius, arsitektur adalah kesatuan dari kekuatan/kekokohan (firmitas), keindahan (venustas), dan kegunaan/fungsi (utilitas).

Van Romondt
Menurut Romondt, arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia dengan bahagia. Ruang berarti menunjuk pada semua ruang yang terjadi karena dibuat oleh manusia atau juga ruang yang terjadi karena proses alam seperti gua, naungan pohon dan lain-lain.

Robert Gutman
Menurut Gutman, arsitektur merupakan lingkungan buatan yang bukan saja menjembatani antara manusia dengan lingkungan melainkan sekaligus merupakan wahana ekspresi kultural untuk menata kehidupan jasmaniah,psikologis dan sosial manusia.

Francis DK Ching
Menurut Francis, arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi.

Amos Rappoport
Menurut Amos, arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan budaya masyarkat, yang diwadahi dan sekaligus memperngaruhi arsitektur.

JB. Mangunwijaya
Menurut Mangunwijaya, arsitektur adalah vastuvidya (wastuwidya) yang berarti ilmu bangunan. Dalam pengertian wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata lalu lintas (dhara, harsya, yana).

Auguste Perret
Menurut Perret, arsitektur adalah seni untuk mengorganisasikan ruang. 

Cornelis Van de Ven
Menurut Van de Ven, arsitektur adalah proses penciptaan ruang yang diciptakan dengan cara yang benar dan direncanakan serta dipikirkan.

Sir Henry Wotton
Menurut Henry, arsitektur bangunan harus mempunyai 3 kondisi berikut: komoditas, kokoh, dan menyenangkan.

Walter Gropius
Menurut Gropius, arsitektur adalah suatu ekspresi yang paling tinggi di dalam alam pikiran seseorang yang mengandung unsur semangat, kemanusiaan, kesetiaan, dan keyakinan.

Banhart CL. Dan Jess Stein
Menurut Banhart dan Stein, arsitektur adalah seni dalam mendirikan bangunan termasuk didalamnya segi perencanaan, konstruksi, dan penyelesaian dekorasinya; sifat atau bentuk bangunan; proses membangun; bangunan dan kumpulan bangunan.

Claudil
Menurut Claudil, arsitektur adalah sesuatu yang bersifat personal, menyenangkan dan memerlukan pengalaman. Arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk. Ada tiga pengalaman arsitektur: aspek fisikal, emosional dan kebutuhan intelektual.

Djauhari Sumintardja
Menurut Djauhari, arsitektur adalah karya manusia dan bermanfaat pula bagi manusia itu sendiri. Manfaat tersebut terdiri dari manfaat untuk badan dan manfaat untuk jiwa. Manfaat arsitetur untuk badan adalah memberi perlindungaan diri bagi badan. Sementara itu, manfaat arsitektur untuk jiwa adalah memberikan ketenangan, kesejukan, kenyamanan, dan sebagainya.

Sekian penjelasan saya mengenai pengertian arsitektur yang saya temukan dari beberapa sumber. Terima kasih telah menggunjungi blog saya! :)

Sumber :
https://www.google.com/
https://id.wikipedia.org/
http://arsitekdanstruktur.blogspot.com/2014/08/definisi-arsitektur.html
https://ilmuseni.com/seni-rupa/arsitektur/pengertian-arsitektur-menurut-para-ahli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Fungsi dalam Arsitektur secara Universal

Arsitektur Tradisional dan Vernakular

Literatur Organisasi Ruang dalam Arsitektur