Review Film Bubble Boy

Review Film Bubble Boy

Bubble Boy adalah film bergenre adventure, romance dan comedy (lebih tepatnya dark comedy) yang dirilis di tahun 2001 garapan Bill Hayes, dibintangi oleh Jack Gyllenhall (Pemeran karakter "Mysterio" pada film Spiderman terbaru, Spiderman: Far From Home" dan ditulis oleh Cinco Paul dan Ken Daurio.

Film Bubble Boy bercerita tentang seorang anak bernama Jimmy Livingston (Jake Gyllenhaal) yang lahir tanpa sistem kekebalan tubuh. Ia terpaksa hidup dalam kubah gelembung di kamar tidurnya, anak-anak di sekitar rumahnya memberi ia julukan Bubble Boy.

Tetapi ketika Jimmy menemukan bahwa seorang gadis baru yang pindah ke sebelah rumahnya, Chloe (Marley Shelton), Mereka langsung menjadi teman.

Suatu hari, Chloe mengumumkan bahwa dia berangkat ke Niagara Falls untuk menikah dengan Mark (Dave Sheridan), seorang pria yang selalu menertawakan Jimmy. Jimmy yang kecewa seketika mengelak dari Chloe, padahal saat itu Chloe ingin menyatakan cintanya ke Jimmy.

Setelah tahu itu, Jimmy yang menyesal segera membuat baju gelembung dan menyelinap pergi dengan bertekad untuk menghentikan pernikahan itu sebelum terlambat. Pada saat itu juga petualangan Jimmy si Bubble Boy dimulai.

Analisis Film

Komedi dalam film ini menurut saya lebih banyak yang tasteless dan inappropriate. Plot dalam film ini juga banyak yang tidak jelas dan terkesan terlalu beruntung atau kebetulan.

Tetapi jika dilihat secara keseluruhan, film ini mengandung pesan yang baik, yaitu jangan pernah menyerah untuk menggapai sesuatu yang kita inginkan dan jangan takut untuk mengambil resiko dalam hidup.

Namun, ada beberapa kejanggalan yang saya temui saat menonton film tersebut. Diantaranya sebagai berikut.

Inkonsistensi Kekuatan Gelembung 

Kekuatan gelembung yang dikenakan Jimmy terkesan tidak konsisten. Bisa dilihat seperti pada sebagian besar film, Jimmy berkali-kali dikerumuni orang, terlempar, terjatuh dan sebagainya, tetapi gelembung tersebut tidak juga pecah. Sedangkan di akhir film dia merobek gelembung tersebut dengan mudahnya.

Sterilisasi pada Gelembung

Proses Sterilisasi pada gelembung yang digunakan Jimmy juga terkesan tidak konsisten. Pada saat di rumah, sterlilisasi harus dilakukan dengan penyemprotan disinfektan atau semacamnya. Sedangkan pada saat keluar dari rumahnya, hanya ada semacam kantong untuk sterilisasi di Bubblenya Jimmy.

Kesimpulan & Hubungan Film Bubble Boy dengan Ruang

Kika ditarik kesimpulan ruang atau Bubble tersebut membatasi gerak Jimmy, jadi dia hanya bisa bergerak didalam Bubblenya  saja selama bertahun2. Ia tidak pernah merasakab dunia luar, sehingga situasi tersebut dapat memengaruhi dia. Sistem sirkulasi manusia di dalam ruangan dapat memengaruhi aktivitas yg dilakukan oleh pelaku yang ada di dalamnya yang menggunakan fasilitas yg ada di dalam ruangan itu sendiri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Fungsi dalam Arsitektur secara Universal

Arsitektur Tradisional dan Vernakular

Literatur Organisasi Ruang dalam Arsitektur