Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Manusia




Assalamu'alaikum!

Hai Semuanya! Tak terasa sejak 4 bulan terakhir pandemi Covid-19 yang menyebar di negara kita ini telah memaksa kita semua untuk tinggal di rumah. Mulai dari dunia pendidikan sampai dunia kerja, semuanya di non-aktifkan sementara waktu. Hal ini dilakukan pemerintah semata-mata untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid -19 ini.

Dengan diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di berbagai daerah, otomatis hal tersebut mempengaruhi aktivitas kita. Yang tadinya bekerja di kantor kini harus bekerja dari rumah, Yang tadi nya belajar di sekolah ataupun kampus sekarang terpaksa belajar melalui platform berbasis online, dan sebagainya.

Hal ini tentunya mempengaruhi perilaku dan aktivitas kita selama dirumah. Rumah bukan lagi hanya tempat tinggal dan beristirahat, namun juga kini menjadi tempat bekerja dan belajar.

Maka dari itu saya akan membahas tentang pentingnya ruang kerja dirumah. Seperti apasih ruang kerja di rumah itu? Apakah dimasa pandemi ini ruang kerja itu dibutuhkan dan dapat digunakan dengan efektif? Mari kita bahas.

Apasih Ruang Kerja Itu?


Ruang Kerja adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Ruang kerja identik dengan perkantoran maupun bangunan khusus yang diperuntukkan untuk menyelesaikan suatu perkerjaan. Namun karena pandemi yang tengah terjadi, tentunya memaksa kebanyakan orang melakukan pekerjaan mereka dari rumah masing-masing

Seperti Apasih Ruang Kerja yang Baik Itu?

Ruang kerja yang baik akan membuat penggunanya menjadi semakin produktif dalam melakukan pekerjaannya. Maka dari itu penting bagi kita untuk membuat ruang kerja kita menjadi ruangan yang sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa hal perlu kita perhatikan saat merancang ruang kerja :

Akses Cahaya Alami

Kondisi ruang kerja yang suram atau kurang terang membuat penghuninya menjadi bosan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyedikan akses cahaya matahari ke dalam ruangan. Selain itu, ketersediaan sinar matahari juga bisa meningkatkan kreatifitas. Asalkan, jumlahnya dikendalikan.

Tak hanya berguna sebagai penerangan, cahaya matahari juga mampu menghilangkan tekanan dan stres yang kerap dialami. Kita juga bisa menghemat biaya utilitas harian.

Tanaman

Bukan hanya cahaya matahari, unsur alami di dalam ruang kantor juga bisa didapatkan dari penggunaan tanaman. Tak hanya memperkaya ruangan, hasil studi Texas State University tahun 2008 menemukan bahwa menempatkan tanaman di dalam ruang kerja punya andil besar dalam kebahagiaan penggunanya.

Para peneliti melakukan survei terhadap 450 orang. Mereka yang bekerja di dalam ruang kerja berisi beberapa tanaman merasa lebih menyukai pekerjaannya. Bahkan, kesimpulan para peneliti dari Cardiff University yang diterbitkan dalam dalam Journal of Experimental Psychology menemukan, setelah membawa masuk tanaman ke dalam ruang kerja, produktivitas secara keseluruhan meningkat sebesar 15 persen hanya dalam waktu tiga bulan.

Ruang untuk Bergerak

Forbes menyebutkan, ketika orang terpaku pada tempat tertentu, mereka lebih cenderung kurang kreatif dan produktif. Dengan demikian, menurut artikel House Beautiful, penting membuat desain ruangan yang memudahkan mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Peredam Suara

Ruang kerja juga membutuhkan dinding atau apapun yang bisa meredam bising. Toleransi setiap orang terhadap kebisingan pun berbeda-beda, tergantung bidang pekerjaannya. Misalnya, pekerja seni dan kreatif diketahui mampu mentolerir kebisingan hingga 70 desibel.

Berkaca pada kondisi ini, maka pintar-pintarlah dalam memilih suasana untuk menyelesaikan pekerjaan. Tak perlu sunyi, tetapi pastikan suasana ruang kerja itu memungkinkan konsentrasi dalam bekerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Fungsi dalam Arsitektur secara Universal

Arsitektur Tradisional dan Vernakular

Literatur Organisasi Ruang dalam Arsitektur